Home » » Membuat Efek Meteor di Photoshop

Membuat Efek Meteor di Photoshop

Written By Unknown on Wednesday, 5 February 2014 | 23:44

Membuat Efek Meteor di PhotoShop - Hari ini utak atik photoshop lagi. Jika beberpa waktu yang lau saya membagikan tutorial photoshop tentang Manipulasi Foto Dengan Efek Summer Scene Menggunakan Photoshop, kali ini saya akan share tutorial photoshop yang berkesan extreme yang pernah saya pelajari juga dari psdbox.com, Ya! cara membuat efek meteor di photoshop. Ok, kita mulai saja.

Cara Membuat Efek Meteor di Photoshop


STEP 1

Buka gambar Gedung dan ubah ukurannya menjadi Width 2000 px dan Height 1330 px. Lalu buatlah dua Duplicate Layer, Dupliacte Layer pertama dengan nama “ORIGINAL” dan Dupliacte Layer kedua “TOP-LESS”. Kemudian Sembunyikan bagian atas gedung pada layer “TOP-LESS” menggunakan Clone Stamp Tool (S) dan Patch Tool (J).

sembunyikan bagian atas gedung pada layer top menggunakan clone stamp tool dan patch tool

bagian atas gedung yang telah disembunyikan menggunakan clone stamp tool dan patch tool

STEP 2

Tambahakan Layer Mask pada layer “TOP-LESS”, kemudian gunakan beberapa jenis Brush Tool (B) dan buatlah struktur kira-kira seperti gambar dibawah.

menggunakan brush tool untuk membuat struktur seperti serpihan

STEP 3

Non-aktifkan Indicates Layer Visibility pada layer “TOP-LESS” dan silahkan seleksi bagian atas gedung pada layer “ORIGINAL” menggunakan Pen Tool (P) kemudian Copy (Ctrl + C) bagian yang telah diseleksi tersebut. Selanjutnya buatlah layer baru atau New Layer (Ctrl + Shift + N) dengan nama layer “TOP” diatas layer “TOP-LESS” dan Paste-kan (Ctrl + V) bagian atas gedung yang telah diseleksi dan di copy tadi.

seleksi bagian atas gedung pada layer original menggunakan pen tool

STEP 4

Aktifkan kembali Indicates Layer Visibility pada layer “TOP”, selanjutnya miringkan bagian atas gedung pada layer “TOP” menggunakan Free Transform Tool (Ctrl + T) seperti contoh pada gambar dibawah ini.

miringkan bagian atas gedung pada layer top menggunakan free transform tool

STEP 5

Sekarang kita akan menghancurkan bagian atas gedung pada layer “TOP” menggunakan Lasso Tool (L) untuk menyeleksi beberapa bagian dengan skala kecil. Setelah menyeleksi, klik kanan kemudian pilih Layer Via Cut sehingga bagian yang telah diseleksi menjadi layer baru. Setelah itu atur posisinya menggunakan Free Transform Tool (Ctrl + T) (*perlu diperhatikan, sebelum melakukan “layer via cut” pastikan anda memilih layer “TOP”). Lihat contoh gambar dibawah ini, karena hasil hasil dari Layer Via Cut membentuk layer dengan jumlah layer yang banyak, maka saya satukan layer-layer tersebut ke dalam sebuah Group yang saya beri nama “SERPIHAN”.

hancurkan bagian atas geedung pada layer top menggunakan lasso tool

STEP 6

Tambahkan Layer Mask pada layer “TOP” kemudian gunakan Brush Tool (B) (seperti pada STEP 2) untuk menghancurkan beberapa bagian. Masukan juga gambar Grunge Texture dan letakkan diatas layer “TOP”, kemudian tambahkan Clipping Mask dan ubah blending mode nya menjadi Overlay.


gunakan brush tool untuk menghancurkan gedung pada layer top


masukkan gambar grunge texture dan tambahkan clipping mask

STEP 7

Tambahkan gambar Media_Militia_Particles023.jpg, kemudian atur posisi dan ukurannya menggunakan Free Transform Tool (Ctrl + T) dan letakkan kedalam grup “SERPIHAN” yang telah dibuat pada Step 5.

tambahkan gambar media_militia_particles023.jpg dan satukan ke dalam grup serpihan

STEP 8

Ok, sekarang kita akan membuat meteor, pertama buat layer baru (CTRL + Shit + N) dengan nama “METEOR” diatas layer grup “SERPIHAN”. Kemudian buatlah sebuah pola seperti batu menggunakan Lasso Tool (L). Selanjutnya pastikan warna foreground dan background anda adalah hitam dan putih, lalu masuk ke menu Filter > Render > Clouds kemudian Filter > Render > Difference Clouds.


membuat pola batu menggunakan lasso tool kemudian masuk ke menu fiter clouds dan difference clouds

STEP 9

Masuk ke menu Filter > Sketch > Bas Relief, kemudian atur Detail nya menjadi 15, Smoothness kira-kira 2 atau 3. Jangan lupa untuk mengatur Light Direction, disini saya memilih Right untuk Light Dirrection­-nya.

tambahkan filter sketch bas relife untuk membuat efek batu

STEP 10

Kita sudah memiliki batu, dan selanjutnya kita akan mengubahnya menjadi batu meteor dengan menambahkan beberapa efek. Sekarang tambahkan Layer Style seperti Inner Gow, Bavel and Emboss, dan Gradient Overlay pada layer “METEOR” kemudian atur masing-masing strukturnya seperti contoh gambar dibawah ini.

tambahkan layer style inner glow

tambahkan layer style bavel and emboss

tambahkan layer style gradient overlay

Jika sudah menambahkan Layer Stlye maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

sebelum dan sesudah menambahkan layer style

STEP 11

Tambahkan sedikit sentuhan Smudge Tool pada meteor untuk membuat efek motion. Anda juga bisa menambahkan Filter Motion Blur.

tambahkan sedikit sentuhan smudge tool dan filter motion blur pada meteor untuk membuat efek motion

STEP 12

Kita akan membuat efek asap meteor menggunakan Brush Tool (B), tapi sebelumnya kita akan membuat sebuah jenis brush baru terlebih dahulu, caranya buatlah sebuah dokumen baru dengan dimensi Width 3500 px dan Height 3500 px lalu masuk ke menu Filter > Render > Clouds. Kemudian gunakan Lasso Tool (L) dengan feather-nya 60 px untuk membuat seleksi seperti contoh gambar dibawah ini. Dan jika sudah silahkan masuk ke menu Edit > Define Brush dan OK.


membuat jenis brush baru dengan menu edit define brush preset

STEP 13

Selanjutnya klik Brush Tool (B) dan gunakan jenis brush yang telah dibuat pada Step 12, biasanya terletak di paling bawah. Kemudian masuk ke pengaturan brush (f5) kemudian silahkan atur struktur Shape Dynamics, Scattering, dan Other Dynamics kira-kira seperti gambar dibawah serta jangan lupa untuk memberi tanda centang juga pada pilihan Smoothing.


setting pengaturan brush pada menu window brushes atau tekan f5 - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 14

Ok, sekarang buatlah layer baru dengan nama “Asap Meteor” kemudian saatnya menggunakan Brush Tool (B) anda untuk membuat efek asap meteor, gunakan warna hitam dan atur opacity brushnya sekitar 90% kemudian buatlah pola asap seperti gambar dibawah ini.

membuat pola asap meteor menggunakan brush tool - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 15

Buat layer baru dengan nama “Asap Meteor 2” dan buat lagi sebuah efek asap menggunakan brush yang sama tapi dengan warna orange kecokelatan dan opacity brushnya 45%, kemudian buatlah pola asap dengan ukuran setengah dari ukuran asap meteor pada layer “Asap Meteor” (Step 14) dan atur blend mode nya menjadi Overlay, atur juga opacity layernya sekitar 55%. Jangan lupa menambahkan Layer Mask pada layer “Asap Meteor” dan “Asap Meteor 2” kemudian hapus bagian asap yang menutupi gedung menggunakan Brush Tool (B) dengan opacity 40%.

tambahkan layer mask pada layer asap meteor kemudian hapus bagian yang menutupi gedung - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 16

Tambahkan gambar Ledakan Api, lalu atur ukuran dan posisinya menggunakan Free Transform Tool (Ctrl + T) kira-kira seperti gambar dibawah ini. Atur blend mode nya menjadi Screen, selanjutnya tambahkan Layer Mask dan kemudian guanakan Brush Tool untuk merapikan area pinggir dari gambar Ledakan Api.


tambahkan gambar ledakan api kemudian ubah blend modenya menjadi screen

STEP 17

Tambahkan gambar Media_Militia_Particles013.jpg dan Media_Militia_Particles020.jpg, kemduian atur posisi dan ukurannya menggunakan Free Transform Tool (Ctrl + T). Jangan lupa untuk menghapus bagian tengah dari kedua gambar particles tersebut menggunakan Eraser Tool (E) agar tidak menutupi gambar gedung.

tambahkan media_militia_particles013 dan media_militia_particles020 - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 18

Buatlah sebuah layer baru dengan nama “Asap” dan gunakan Lasso Tool (L) dengan feather kira-kira 50% sampai 60%. Kemudian buatlah seleksi pada bagian atas gedung lalu masuk ke menu Filter > Render > Clouds lalu atur blend mode nya menjadi Hard Light dengan Opacity 45%. Selanjutnya duplicate layer (Ctrl + J) layer “Asap” dan atur lagi blend mode nya menjadi Soft Light serta opacity nya sekitar 75%.

membuat efek asap gedung - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 19

Selanjutnya kita akan memberi sedikit efek cahaya pada gambar geedung, buatlah sebuah layer baru lalu gunakan Brush Tool dengan opacity sekitar 40% dan gunakan warna orange. Kemudian brush pada area pinggir kanan dan kiri dari gambar gedung bagian atas, selanjutnya ubah blend moden menjadi Vivid Light serta kurangi lagi opacity layernya kira kira sekitar 60%.

tambahkan sedikit efek cahaya - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 20

Tambahkan Gradient Map dan Exposure, untuk Gradient Map, silahkan anda atur blend mode nya menjadi Overlay serta fill nya sekitar 40%, perhatikan gambar dibawah.


tambahkan gadient map - Membuat Efek Meteor di Photoshop


tambahkan exposure - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 21

Agar lebih terihat lebih menarik, disini saya menambahkan efek vignette dan juga memasukan gambar Media_Militia_Parcticles023.jpg dengan ukuran besar, kemudian saya tambahkan Guassian Blur sekitar sekitar 15px. Selain itu layer-layer yang berada didalam grup “SERPIHAN” saya satukan dan membuatnya buram menggunakan Blur Tool (R).


tambahkan efek vignette dan particle lalu berikan filter guassian blur - Membuat Efek Meteor di Photoshop

STEP 22

Ok, ini adalah step terakhir. Gabungkan seluruh layer dengan cara meng-klik layer yang berada di posisi paling atas kemudian tekan tombol Ctrl + Shiftl + Alt + E pada keyboard anda. Kemudian masuk ke menu Filter > Render > Lighting Effects.

satukan semua layer dan berikan filter lighting effects - Membuat Efek Meteor di Photoshop
 
Ok sekarang gambar manipulasi efek meteor yang telah kita buat dengan Photoshop telah jadi, siahkan anda save.

sebelum membuat efek meteor di photoshop

sesudah membuat efek meteor di photoshop

Nah, jika masih bingung dengan langkah-langkah yang saya jeaskan diatas, silahkan nonton video tentang cara membuat efek meteor di photoshop yang telah saya buat dibawah ini.


Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 23:44

38 comments

Asyik sekali ya sob kalau bisa utak atik seperti ini jadi bisa direkayasa seperti yang kita mau
sayangnya saya masih menggunakan hp jadi nyimak dulu sambil dipelajari

wow... kalau lihat hasilnnya kya benran aja, hebat bener boss...

keren banget ya mas hasil nya
jadi pingin belajar deh jadinya :)

butuh imajinasi kreatif...manteb hasilnya :-d

keren bener kayak di film2...

mantap mas benar benar hal yg pingin saya lakukan bisa belajar langsung gak ni kunbal y

Oooph terkadang aku lihat gambar" seperti itu berarti rekayasa/editan,,,, kukira beneran
Trims telah berbagi

wah keren banget gan permaenan photosopnya :D jadi kepengen bikin hehehe

wah lengkap sekali tutorialnya, :)
boleh nih kapan2 dicoba, :D

wah keren juga ya mas hasil edit foto nya. Mirip di filem-filem ya. Wah jadi pengen belajar potoshop nih saya. Tapi belum punya software nya :D

Ececece, cerdas ta dek.. Panjang na lagi langkah2 nya, kalo saya kesian terbatas sekali ilmuku soal utak atik beginian.. Ku baca2 mi saja, supaya ada tong ku tau :)

Iya mbak silahkan disimak, semoga bisa bermanfaat :D

hehe makasih mas :D , terimasih sudah berkunjung :-d

Ok terimakasih mas sudah berkunjung disini :-bd

makasih mas :D , Ok saya pasti berkunjung balik ke blog mas handri :D

yah terkadang ada yang rekayasa, tapi ada juga kok yang beneran. Ok mba muya sama-sama :D

Ok, terimakasih banyak mas intan sudah meluangkan waktu disini :D

makasih mba RIn :D , klo software-nya banyak kok di google. Saya sendiri masih pke yang bajakan haha :D

haha diajar-ajar tonji sama orang ini kodong :D, iye ka silahkan dibaca-baca semoga bermanfaat

Keren sekali! Kebetulan saya lagi belajar tentang Photoshop hehe :D

Ok, terimakasih mba Elfrida. Semoga bermanfaat ya :D

pelajaran tingkat tinggi nich, kebetulan saya juga sedang belajar photosop :)
makasih sharingnya ya mas :-d

Seperti beneran ya padahal cuma editan Photoshop

Sayang aku ga bisa bisa

Ok mbak Indri sama-sama. Semoga bisa bermanfaat :D

Keren sekali ces, kapan2 sa langsung kerumah saja belajar na, sory baru bisa muncul ces jaringan lagi kurang mendukung hehehehe

terimakasih teah berkunjung :D, mba pasti bisa, ayo semngat |o|

ah nda papaji kanda :D, lebih tepatnya sama-samaki belajar kanda, karna sya juga ini masih belajarji photoshop :D

busettt.. si agan yang 1 ini bener2 DEWO PHOTOSHOP nih .. mesti belajar terus menerus biar jago kaya si agan..

Trik nya "KOMPOR GAS!!!" .. bikin imajinasi meledak lu broo .. thanks yahh

haha bisa aja nih si agan, gak dewa juga kok, ini juga elajar ma orang. thanks kompor gas nya haha :D

keren, bagus dan kreatif sob,.. photoshop emang rajanya editan :D

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda