Home » » Cara Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7

Cara Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7

Written By Heri on Senin, 28 Juli 2014 | 19.08

Cara Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7

Cara Menambah Kapasitas RAM Dengan Menggunakan Flashdisk di Windows 7 – PC atau laptop dengan spesifikasi RAM yang berkapasitas rendah tentu performanya kurang optimal dan kinerjanya lebih lambat, misalkan dalam mengoperasikan program-program yang berat dan memakan banyak memori RAM, seperti Photoshop, Game dengan ukuran yang besar, dan lain sebagainya. Nah seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kulitas kinerja PC adalah besar-kecilnya kapasitas RAM. Tapi tahukah anda? bahwa pada sistem operasi Windows 7 terdapat sebuah fitur bawaan yang memungkinkan anda untuk menambah kapasitas RAM pada PC anda tanpa harus membeli RAM yang baru. Ya! fitur tersebut adalah Ready Boost.

Ready Boost merupakan salah satu tool bawaan Windows yang pertama kali dikenalkan pada Windows Vista dan kemudian disempurnakan di Windows 7. Dengan memanfaatkan tool Ready Boost ini, anda bisa menambah kapasitas RAM anda hanya dengan menggunakan media flashdisk yang harganya lebih terjangkau dibandingkan anda harus membeli atau menambah RAM yang baru. Flashdisk yang digunakan untuk menambah RAM pun bukan sembarang flashdisk, maksudnya adalah tidak semua flashdisk bisa digunakan untuk menambah kapasitas RAM menggunakan tool Ready Boost.

Berikut ini beberapa persyaratan yang dibutuhkan oleh flashdisk yang akan digunakan untuk menambah kapasitas RAM :
  • Perangkat flashdisk dengan sistem NTFS, FAT 16 atau FAT32.
  • Memiliki kapasitas ruang kosong (free space) minimal sebesar minimal 235 MB.
  • Memiliki kecepatan waktu akses data sebesar 1 mildetik atau lebih.
  • Perangkat flashdisk dengan kemapuan melakukan read 2.5 mb/s dan write 1.75 mb/s.
Baiklah jika flashdisk anda telah memenuhi persyaratan-persyaratan diatas, kita lanjutkan ke langkah-langkah menambah kapasitas memori RAM dengan flashdisk menggunakan tool Ready Boost di Windows 7.

1. Silahkan anda colok flashdisk yang akan anda gunakan sebagai RAM eksternal, jika sudah buka My Computer (Windows + E). Selanjutnya klik kanan pada device flashdisk anda dan klik Properties.

2. Setelah jendela properties terbuka, masuk ke tab Ready Boost.

3. Pilih Use this Device, kemudian silahkan atur berapa besar kapasitas dari flashdisk yang akan anda gunakan untuk menambah kapasitas RAM. Terakhir klik Apply, lalu OK.

menambah kapasitas memori RAM dengan flashdisk menggunakan tool Ready Boost di Windows 7

Nah, jika anda sudah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka kini flashdisk anda telah berganti fungsi menjadi memori tambahan yang memiliki peran sama dengan memori RAM dan pada flashdisk anda terdapat file program dengan size 4 GB, ingat! jangan hapus program tersebut, karena itu merupakan hasil dari Ready Boost.

Dan misalkan anda menggunakan flashdisk dengan kapasitas 8 GB atau lebih, maka hanya bisa menambah RAM sampai 4 GB, karena berapapun kapasitas flashdisk anda, maksimum kapasitas yang dapat bertambah menggunakan tool Ready Boost hanya 4 GB per flashdisk. Tapi anda juga bisa menggunakan hingga 8 flashdisk sekaligus dan untuk langkah-langkahnya silahkan ulangi cara diatas untuk masing-masing flashdisk. Hal terpenting yang harus anda ingat adalah jangan asal mencabut flashdisk yang anda gunakan sebagai memori RAM yang terdapat file program dari hasil Ready Boost saat program atau aplikasi sedang berjalan pada PC atau laptop anda.

Ok! saya akhiri dulu postingan saya hari ini mengenai Cara Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk di Windows 7, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Terimakasih telah berkunjung dan Wassalam.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 19.08

18 comments

saya malah lebih bagus kang, SD CARD :D jadi gk terlihat menjendol :)

oh jadi ini rupanya kelbihan falshdisk, bisa juga dibuat ram toh mas. owalah, saya baru tahu, saya coba praktekin di rumah deh. terima kasih infonya sangat berguna. Kebetulan saya ingin memsanag game tapi spek ramnya kurang memadai, mungkin ini bisa jadi solusi alternatifnya ya mas. tengs

hehe iya sih kang, klo pakai sd card jadi gak keliatan mencolok soalnya bentuknya lebih ramping,dari flashdisk :D

Iya mas flashdisk bisa dijadikan memori ram external dengan memanfaatkan fitur ready boost pada windows 7 :D Ok sip sama-sama dan terimakasih kembali sudah berkunjung disini :D

boleh juga nih tutorialnya dipraktekan. terimakasih sudah berbagi, keep blogging.

sama-sama mba dan selamat mencoba :D

ternyata masih bisa diakili lewat cara ini ya mas..
sip deh boleh juga untuk di coba segera bih.. thx ya :)

semakin canggih dan memudahkan banget ya cara nambah Ram bisa melalui flashdisk, jadi notebook kesayangan ngga perlu di bawa ke rental, bisa nembah Ram sendiri dirumah nih.
makasih yah ilmunya.
suasana lebaran, mohon maaf lahir batin kang.

sama-sama kang dan selamat mencoba :D

hehe iya kang bisa ngrit duit juga, secara harga ram relatif mahal dibandingin flashdisk. Ok sip kang mohon maaf lahir dan batin juga :D

RAM ku cumak 2 GB.. Dan lappy jadi super lelet.. :(
Izin bookmark ya, Bang. Makasih.. ^^

sama-sama mba Beb, ok sip silahkan di BM :D

ternyata fitur ready bost fungsinya buat menambah kapasitas ram yia bos...

sekalian nanya ah, kalo buat windows XP bisa juga gak mas? saya mah masih pake windows jadul soalnya nie :)

Iya ]bisa mas Marnes, tapi karena di windows xp tidak tersedia fitur readyboost, jadinya harus pake software jika ingin menambah ram menggunakan flashdisk, seperti Ebooster. :D

terimakasih infonya gan :) (y)

Oke trimakasi banyak gan thanks...
gua doakan blog ni makin maju ja.
dan memberikan tutorial makin mantap ajh..

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda