Home » » Trik Jitu Meningkatkan Kecepatan Proses Shutdown Windows 7

Trik Jitu Meningkatkan Kecepatan Proses Shutdown Windows 7

Written By Unknown on Friday, 25 July 2014 | 01:26

Cara Meningkatkan Kecepatan Proses Shutdown Windows 7

Trik Jitu Meningkatkan Kecepatan Proses Shutdown Windows 7 – Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya telah membagikan tips Cara Mempercepat Proses Booting di Window 7 dan pada kesempatan kali ini saya ingin membahas Cara Mempercepat Proses Shutdown di Windows 7. Menunggu proses shutdown yang membutuhkan waktu yang cukup lama seringkali membuat kita merasa jengkel, terkadang lambatnya proses shutdown pada Windows 7 disebabkan oleh beberapa hal, misalnya terdapat service atau aplikasi yang masih berjalan pada saat melakukan shutdown atau mungkin pengaruh driver yang sudah tua dan perlu untuk di update dan lain sebagainya yang mana mempengaruhi kecepatan proses shutdown pada PC anda. Nah, dibawah ini beberapa tips yang pernah saya terapkan untuk mempercepat proses shutdown pada PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7.

1. Meminimalkan Kill Service Timeout

Saat anda mematikan komputer atau laptop melalui perintah Shut down, terkadang komputer atau laptop anda tidak secara langsung melakukan proses shutdown, tetapi terlebih dahulu sistem Windows secara otomatis akan menutup atau menghentikan seluruh proses pada service-service yang masih berjalan atau aktif. Apabila ada salah satu atau beberapa service yang tidak langsung tertutup, maka sistem Windows akan menunggu beberapa saat dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelum akhirnya sistem akan mematikannya secara bersamaan dengan munculnya jendela peringatan not responding dan perintah yang meminta anda untuk langsung melakukan proses shutdown. Nah dengan meminimalkan jangka waktu pada saat sistem mematikan service yang masih berjalan (Kill Service Timeout) yang bisa kita edit melalui RegistryEditor akan membantu meningkatkan proses shutdown pada PC anda. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengurangi Jangka Waktu Proses Kill Service di Windows 7 :

1. Buka RegistryEditor, caranya klik Start Menu dan pada kotak pencarian ketik regedit dilanjutnkan dengan menekan tombol Enter dari keyboard anda.

2. Arahkan ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control

3. Perhatikan pada bagian sebelah kanan, cari dan klik dua kali pada WaitToKillServiceTimeout.

Meminimakan WaitToKillServiceTimeOut untuk mempercepat shutdown di windows 7

4. Ok, jendela Edit String untuk WaitToKillServiceTimeout telah muncul, pada Value Data terdapat angka 12000, nah itulah nilai waktu default yang ditentukan oleh sistem untuk mematikan service yang berjalan, yaitu 12000 atau sama dengan 12 detik. Sekarang kurangi nilai tersebut menjadi 2000 atau sebending dengan 2 detik, jika sudah klik OK.

edit value WaitToKillServiceTimeOut untuk mempercepat shutdown di windows 7

Baiklah, sekarang kita telah meminimlakan jangka waktu yang dibutuhkan sistem untuk mematikan service sebelum melakukan proses shutdown, yang awalnya 12 detik kini menjadi 2 detik saja. Tentu proses shutdown pada PC anda akan lebih cepat.

Jangan tutup dulu jendela RegistryEditor anda, karena pada point kedua dibawah ini kita masih akan mengedit value data untuk Kill App Timeout.

2. Meminimalkan Kill App Timeout

Prinsip dan caranya hampir sama dengan point pertama diatas, bedanya jika point pertama kita membahas Kill Service Timeout, maka pada point kedua ini adalah Kill App Timeout. Ya! Kita akan meminimalkan jangka waktu yang dibutuhkan oleh sistem untuk mematikan aplikasi yang mash berjalan saat kita melakukan shutdown pada komputer.

Cara Mengurangi Jangka Waktu Proses Kill App di Windows 7 :

1. Pada RegistryEditor arahkan ke folder HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.

2. Pada bagian sebelah kanan, cari dan klik dua kali pada WaitToKillAppTimeout.

Meminimakan WaitToKillAppTimeOut untuk mempercepat shutdown di windows 7

3. Sekarang pada Value data terdapat nilai 20000, silahkan anda ubah nilai tersebut dengan angka yang lebih kecil, misalnya 2000. Jika sudah, terakhir klik Ok.

edit value WaitToKillAppTimeOut untuk mempercepat shutdown di windows 7

3. Membuat Shortcut Remote Shutdown

Tool Remote Shutdown memungkinkan anda untuk mengendalikan proses shutdown atau restart pada windows melalui tool command prompt (cmd), kelebihan tool ini adalah membuat proses shutdown lebih cepat, karena anda dapat mengatur jeda waktu yang dibutuhkan oleh sistem untuk melakukan shutdown atau restart menggunakan perintah-perintah tertentu pada tool cmd. Nah cara yang paling efektif untuk memanfaatkan tool ini adalah dengan membuat shortcut remote shutdown pada desktop, sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi mengetikkan perintah pada cmd.

Cara Membuat Shortcut Shutdown di Windows 7 :

1. Klik kanan pada desktop, kemudian pilih opsi New > Shortcut.

2. Saat jendela create shutdown telah muncul isikan perintah dibawah ini pada kolom Type the location of the item.
shutdown.exe -s -t 00 -f
membuat shortcut remote shutdown untuk mempercepat shutdown di windows 7

3. Terakhir klik Next selanjutnya Finish.

Keteragan :
  • -s = Merupakan perintah untuk melakukan shutdown.
  • -t = Perintah lamanya jeda waktu yang dibutuhkan sistem untuk melakukan shutdown yang telah diatur menjadi 00 atau tanpa jeda waktu.
  • -f = Perintah untuk memaksa seluruh aplikasi dan service dimatikan saat sistem melakukan shutdown.
setelah membuat shortcut shutdown pada desktop PC anda, sekarang yang perlu anda ingat adalah berhati-hatilah dalam menggunakan shortcut ini, pastikan anda menyimpan (save) terlebih dahulu seluruh pekerjaan anda sebelum mengoperasikan shortcut ini, jika tidak bisa dipastikan data anda akan hilang.

4. Hard Boot

Hard Boot atau biasa disebut brute force merupakan suatu tindakan dimana kita mematikan komputer secara paksa, yaitu dengan menekan tombol power dalam beberapa detik hingga komputer mati. Metode ini tidak hanya mematikan sistem operasi tetapi juga memaksa hardware yang sementara bekerja untuk berhenti, sehingga sangat beresiko pada kesehatan hardware pada komputer anda. Nah, maka dari itu yang harus anda ingat adalah bahwa metode brute-force ini sangat tidak dianjurkan kecuali dalam keadaan tertentu, misalkan komputer anda mengalami hang, crash atau error not responding yang mana menyebabkan komputer dan aplikasi yang anda jalankan mengaami pembekuan atau biasa disebut freeze, bahkan task manager pun tidak berfungsi.

Itulah tadi beberapa Tips Untuk Mempercepat Proses Shutdown di Windows 7, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih atas kunjungan anda dan Wassalam.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 01:26

18 comments

banyak juga yia step by step nya, harus hati-hati nih biar nggak salah langkah, thx yia bos....

perlu waktu buat mahaminnya ya mas..
dan lebih afdol sekalian mencobanya.. hehe
thx ya mas :)

yang saya tau cuman startup , ini shutdown juga bisa di percepat yah sob, thansk infonya
slam kenal

bro, numpang nanya.. dengan cara diatas apa tidak mempengaruhi kinerja operasi windows??
^^
keep smile bloging...

smuanya serba kill ya....., hardboot itu resiko kerusakannya amat besar....jadi ngeri kalo pake hardboot...
keep happy blogging always...selamat merayakan hari raya idul fitri..salam :-)

Laptopku suka heng kalo di shutdown lamanya minta ampun,biasanya menunggu riset lagi kira2 kalo ngikutin ini aman ga apalagi caranya serba kill sayang

Ok sip bos :D silahkan dicoba dan semoga bermanfaat :D

sama-sama dan termakasih kembali mas Pur, ok selamat mencoba mas :D

ok sama-sama sob dan salam kenal balik :D

InshaAllah aman sob, kecuali yang nmor 4, jangan diterapkan kecuali PC-nya hang :D

hehe iye daeng, biasanya saya lakukan brute force kalau PC lagi freeze sampai-sampai task manager gak berfungsi :D . Iye sama-sama selamat hari raya idul fitri juga deng :D

iye inshaAllah aman sayang, intinya bukan "kill" nya tapi mengurangi jeda waktu saat proses melakukan kill pada service atau app. yang masih berjalan saat shutdown :D

step by step yang perlu dipelajari mas ^_^

Pas kebetulan Laptop saya baru diinstal Windows Seven alias windows 7
Fiuuhhhhhhhhh dipelajari dulu deh

ok kang asep, selamat mencoba dan semoga bermanfaat :D

Pening langsung.. Hihihi.. :P

wah langsung di edit di registrinya yah gan , dicoba dlu triknya
nice post sob

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda