Home » , , » Solusi Cara Mengatasi Masalah Shutdown di Windows 8

Solusi Cara Mengatasi Masalah Shutdown di Windows 8

Written By Umar Fatih on Rabu, 13 Juli 2016 | 18.53

Solusi Cara Mengatasi Masalah Shutdown di Windows 8 – Windows 8 yang telah dirilis oleh Microsoft pada 26 Oktober 2012, kemudian dikembangkan menjadi Windows 8.1 yang dirilis pada 18 Oktober 2013 sebagai versi pembaharuan dari versi sebelumnya memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan generasi Windows sebelumnya, yakni Windows 7, bisa anda rasakan dari segi interface yang dirancang lebih modern yang agar kompitabel dengan perangkat-perangkat layar sentuh.

Namun dibalik keunggulan Windows 8, ternya memiliki beberapa kecacatan yang sering dirasakan oleh penggunanya. Salah satu yang paling banyak menjadi lapran adalah kejanggalan ketika perangkat telah selesai melakukan proses shutdown ataupun restart. Yakni ketika para pengguna yang menutup perangkat laptop mereka setelah melakukan shutdown, kemudian dilain waktu mereka kembali membuka perangkat laptop mereka, tiba-tiba perangkat laptop mereka akan langsung hidup tanpa harus menekan tombol power terlebih dahulu. Nah, kejadian inilah yang kadang membuat pengguna merasa bingung bahkan risih kemudian bertanya-tanya, apakah perangkat laptop mereka yang rusak?

apa penyebab dari perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8, ketika dibuka tiba-tiba hidup dengan sendirinya? Apakah ada kerusakan pada perangkat? Atau, haruskah melakukan install ulang sistem operasi pada perangkat?

Sebenarnya ini hanyalah masalah sepele, kerusakan bukan pada perangkat laptop dan juga pasa sistem operasi. Hal ini berkaitan dengan salah satu fitur pada Windows 8.1 yang belum pernah ada pada sistem operasi generasi sebelumnya. Fitur tersebut adalah Hybrid Boot, adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mempercepat proses booting atau startup pada sistem operasi, karena bukannya menutup, tetapi hanya melakukan hibernate pada program-program dan process-process yang aktif pada perangkat anda, sehingga perangkat dan sistem operasi akan lebih cepat ketika memuat kembali sesi hibernate sebelumnya.

Nah, jika anda mengalami hal yang sama dengan hal tersebut, berikut ini Solusi Cara Mengatasi Masalah Shutdown di Windows 8 .

STEP 1
Tekan tombol Start Windows + X dari keyboard anda, kemudian pilih opsi Power Options.

STEP 2
Pada bagian sidebar sebelah kiri, pilih menu Chooses what the power button does.

STEP 3
Pada menu When I press the power button, ubah opsinya menjadi Shutdown, baik itu untuk On battery maupun Plugged in. Selanjutnya klik Change settings that are currently unavailable pada bagian atas, kemudian hilangkan tanda centang pada opsi turn on fast startup (recommended). Jika sudah, klik tombol Save Changes.

Mengatasi perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 yang telah dishutdown, ketika dibuka tiba-tiba hidup dengan sendirinya

STEP 4
Lakukan restart pada perangkat anda.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk Mengatasi perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 yang telah dishutdown, ketika dibuka tiba-tiba hidup dengan sendirinya. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 18.53

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda