Home » » Tips Cara Mengatasi “Aw, Snap!” Pada Google Chrome

Tips Cara Mengatasi “Aw, Snap!” Pada Google Chrome

Written By Heri on Jumat, 03 Oktober 2014 | 21.05

Tips Cara Mengatasi “Aw, Snap!” Pada Google Chrome

Tips Cara Mengatasi “Aw, Snap!” Pada Google Chrome - Google Chrome merupakan salah satu aplikasi browser dengan pengguna terbanyak saat ini, selain Firefox. Google chrome sendiri pertama kali dirilis oleh Google pada tahun 2008. Salah satu alasan mengapa para pengguna aplikasi browser ini memilih Google Chrome adalah karena keunggulannya yang lebih cepat dalam memuat halaman web dibanding saingannya, yaitu Firefox. Selain itu desain antarmuka dan pengaturan yang simple serta minimalis sehingga lebih memudahkan para penggunanya dan masih banyak lagi kelebihan yang terdapat pada aplikasi browser Google Chrome.

Tetapi dibalik kelebihannya, Google Chrome juga mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangan Google Chrome yang sering terjadi adalah error “Aw, Snap!” , yaitu dimana halaman web yang kita buka tiba-tiba menjadi layar hitam atau blank disertai dengan munculnya pesan error “Aw, Snap! Something went wrong while displaying this webpage. To continue, Reload or go to another page.” Apabila anda pengguna Google Chrome, mungkin anda juga pernah mengalami error “Aw, Snap!”, misalnya saat anda sedang serius membaca artikel pada suatu halaman web tertentu atau mungkin ketika anda sedang asik-asiknya menonton video streaming via Youtube dan tiba-tiba error “Aw, Snap!” terjadi, tentu hal tersebut akan membuat kita merasa jengkel.

Dari halaman bantuan google sendiri menjelaskan bahwa jika halaman web yang anda buka mengalami crash Aw! Snap, solusinya adalah anda dapat memuat ulang halaman tersebut (reload). Tetapi jika error masih terjadi , ada 4 tips yang dapat anda coba untuk mengatasinya, yaitu :

1. Periksa Anti Virus dan Firewall Anda

Beberapa program anti-virus atau firewall yang terlalu sensitif tidak cocok dengan browser Google Chrome yang dapat mencegah Google Chrome bekerja dengan baik. Untuk memastikannya anda dapat menonaktifkan terlebih dahulu anti-virus atau firewall anda terlebih dahulu dan kemudian jalankan aplikasi Google Chrome anda, jika Google Chrome anda bekerja dengan baik dan normal, silahkan anda hapus anti-virus tersebut, tetapi apabila anda merasa anti-virus itu sangat penting, anda dapat membuat execption atau pengecualian untuk Google Chrome pada pengaturan aplikasi anti-virus tersebut. Setelah itu anda dapat mengaktifkan kembali anti-virus anda.

Beberapa aplikasi anti-virus yang mungkin tidak cocok dengan Google Chrome :

1. Spyware Doctor

2. Comodo Firewall

3. McAfee Enterprise

4. McAfee Virus Scan

2. Periksa Extension pada Google Chrome Anda

Salah satu kemungkinan terjadinya system crash atau error Aw, Snap ! pada Google Chrome adalah ekstensi yang telah anda install pada Google Chrome itu sendiri. Maka dari itu silahkan anda coba untuk menonaktifkan ekstensi anda satu persatu untuk mengetahui apakah ada ekstensi tertentu yang menyebabkan masalah.

3. Periksa Malware (Virus)

Kemungkinan lain yang menyebabkan error Aw, Snap! Pada browser Google Chrome anda adalah virus atau malware, silahkan anda coba scan PC anda menggunakan anti-virus, Google sendiri menyarankan untuk menggunakan anti-virus AVG versi terbaru.

4. Membuat User Profil Baru

Jika browser Google Chrome anda tetap menampilkan error Aw, Snap! Setelah menerapkan tips-tips sebelumnya, mudah-mudahan tips terakhir ini dapat mengatasinya, yaitu membuat User Profil baru, karena ada kemungkinan User Profil anda saat ini telah corrupt.

Untuk mebuat User Profil baru, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Tutup browser Google Chrome anda terlebih dahulu.

2. Silahkan anda cari folder bernama “default” dari Google Chrome, biasanya terletak di:

Windows XP : USERPROFILE\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\

Windows Vista/ Windows 7/ Windows 8 : LOCALAPPDATA\Google\Chrome\User Data\

Mac OS X : ~/Library/Application Support/Google/Chrome/Default

Linux : ~/.config/google-chrome/Default

3. Rename folder tersebut menjadi “Backup default”

4. Restart Google Chrome anda.

Jika Aw, Snap! Masih tetap muncul, mungkin jalan terbaik adalah dengan menginstall ulang Google Chrome versi terbaru saat ini.

Baiklah dan itulah tadi 4 Tips Mengatasi error atau crash Aw, Snap ! pada Browser Google Chrome, untuk selengkapnya anda bisa mengunjungi langsung halaman bantuan google di https://support.google.com/chrome/answer/95669?hl=en. Terimakasih, semoga bermanfaat dan Wassalam.

Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 21.05

8 comments

ini yang saya cari, setelah saya cari" tdk ada yg membahas.
tapi sepertinya beberapa solusi di atas tidak cukup membantu, solusi terbaik mgkin dg install ulang

Makasih tipsnya ya, Bang.. :D

Itu artinya google chrome perlu dibersihkan cachenya dan perlu discan antivirus ya kan mas solusinya?

Makasih juga bahasan soal penyebabnya jadi sekarang saya paham.

wah saya juga sering nih mengalami crash getu pada chrome, bisa dicoba nih tips nya, makaish bnayak ya ;)

sangat lengkap mas tutorial nya, bisa dicoba nih untuk chrome saya ;)

untung saja nih akhir akhir ini google chrome saya masih aman dan nyaman aja mas, jadi masih bagus buat ngenet :D

Saya masih pake firefox ini, jadi gk tau masalah tentang chrome

tutorial nya keren sob,, tapi sayangnya aku gak punya google chrome..hehe

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda