Home » » Tiba-Tiba Iklan Tak Dikenal Muncul Di Halaman Blog? Ini Solusinya

Tiba-Tiba Iklan Tak Dikenal Muncul Di Halaman Blog? Ini Solusinya

Written By heriyanto saputra mandala on Friday, 20 December 2013 | 22:12

Mengatasi iklan tak dikenal yang muncul pada halaman dashboard blogger dan halaman blog by sharehovel

Tiba-Tiba Iklan Tak Dikenal Muncul Di Halaman Blog? Ini Solusinya - Pernahkah tiba-tiba ada iklan tak dikenal yang muncul pada dashborad blogger dan halaman blog anda? sangat menjengkelkan bukan? Ya, inilah yang kemarin saya alami, tiba-tiba muncul iklan ilegal dan tak dikenal di halaman blog saya, padahal saya tidak pernah mengikutsertakan blog saya dalam program periklanan. Dan yang lebih parah, bahkan pada Dashboard blog juga muncul iklan serupa, yang membuat semua menu seperti post, stats, comment, layout, template, dll menghilang.

Mengatasi Iklan Tak Dikenal Yang Muncul Di Dashboard Blogger

Mengatasi Iklan Tak Dikenal Yang Muncul Di Halaman Blogger

Bagaimana cara mengatasi iklan tak dikenal yang muncul pada dashboard blogger dan halaman blog?

Awalnya saya pikir iklan yang muncul tersebut akibat script salah satu widget yang baru saya pasang, setelah saya cek dan ternyata bukan. Setelah cari sana-sini penyebabnya, akhirnya saya menemukan letak titk permasalahanya. Ternyata penyebab iklan ilegal yang muncul tersebut akibat beberapa extention yang terinstall otomatis dan aktif pada browser saya, kebetulan saat itu saya menggunakan browser Google Chrome. Extention tersebut bernama, Bettersurf, Better Surf Plus dan Webexp Enhanced. Untuk menghlangkan Iklan tak dikenal yang muncul pada dashboard blogger dan halaman blog anda, tentu anda harus menghapus extention-extention tersebut, caranya seperti berikut:

1. Jika menggunakan browser Google Chrome, buka tools extention Google Chrome, caranya copy perintah atau alamat dibawah ini, kemudian paste-kan pada adress bar Google Chrome dan tekan enter.
chrome://extensions/

2. Selanjutnya, silahkan hapus extention-extention yang mencurigakan seperti Bettersurf, Better Surf Plus dan Webexp Enhanced dengan cara meng-klik icon 'tempat sampah' di sebelah kanan pada setiap extention tersebut.

Hapus Extention Google Chrome - Mengatasi Iklan Tak Dikenal Yang Muncul Di Halaman Blogger

Jika browser yang anda gunakan adalah Mozilla Firefox caranya seperti berikut:

1. Tekan tombol Ctrl+Shift+A secara bersamaan pada browser Mozilla anda.

2. Kemudian silahkan disable extention-extention seperti Bettersurf, Better Surf Plus dan Webexp Enhanced, caranya silahkan klik tombol disable disebelah kanan pada setiap extention tersebut.

Hapus Extention Mozilla  - Mengatasi Iklan Tak Dikenal Yang Muncul Di Halaman Blogger

Kemudian silahkan restart browser anda, kemudian coba anda reload kembali dashboard blogger dan halaman blog anda, InshaAllah iklan-iklan ilegal yang muncul tadi sudah tidak ada temukan lagi.

Nah, mengapa extention tersebut bisa terinstall secara otomatis? menurut perkiraan saya, ingat ini hanya perkiraan yah. Seingat saya, sebelum kejadian ini terjadi, terakhir saya mengunjungi sebuah blog berpaltform Wordpress, dimana pada halaman blog tersebut juga terpampang iklan serupa. Seperti yang kita ketahui Wordpress menyediakan fitur untuk menambahkan plugin entah itu plugin untuk SEO dan lain-lain, dan menurut saya salah satu plugin tersebut tersisip script perintah, yang mana jika kita meng-klik area tertentu pada blog tersebut maka akan ada  extention tertentu yang tertanam dan aktif secara otomatis pada browser yang kita gunakan.

Jadi saran saya berhati-hatilah saat melakukan browsing pada beberapa blog atau website, kemudian sering-seringlah juga memeriksa tools extention pada browser anda, jika ada extention-extention mencurigakan segera disable atau langsung dihapus.

Baiklah, sekian dulu solusi tentang Cara Mengatasi Iklan Tak Dikenal Yang Muncul Di Blog, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 22:12

29 comments

Waah, saya juga pernah kejadian beberapa waktu lalu kayak gini. Tapi bukan di blog, tapi halaman twitter ;_; setelah ditelsuri memang ekstensi better surf yg bikin olah. Btw nice info buat teman-teman yg mengalami hal yang sama.

iya nih mbak, saya juga masih bingung dengan bettersurf ini, entah datangnya dari mana, tapi perkiraan saya asalnya dari script yang plugin tertentu pada blog berplatform wordpress. Hehe iya mbak makasih :D

Thaks banget,
untung aja langsong masok ke blodg ini
jdi langsung teratasi :D:D

sama-sama mas, semoga bermanfaat ya :D

3 hari yang lalu saya juga mengalaminya mas, lalu saya babat dengan anti adware, restat komputer, ilang deh. sebelumnya sempat jengkel juga sih :hehe

Iya kang, menjengkelkan apalagi iklan yang di halaman didashboard itu. mau lihat statistic, comment, dll jadi gak bisa.

Nah ada tambahan saran dari kang ucup, pake aplikasi anti adware. makasih kang tambahan sarannya :D

KuPer (Kunjungan Pertama) nih di blognya anak makasar hehehe, pengalaman saya sih belum dapat yang seperti ini sob, tapi mending saya save aja buat antisipasi :D, lam kenal sob :), ntar kapan-kapan kita kopdar ya :D

hoho, iya kanda silahkan di save jika bermanfaat :D, makasih ya kanda kunungannya :D . siap kanda, inshaAllah kalo ada waktu kita kopdar :D

Siiippp ditunggu kabarnya ada ya :), kebetulan saya juga mau kenal para blogger skitar makasar :D

Ok sip dah kanda :D , soalnya saya lagi diluar MKS, tepatnya di Sul-Ut. Nanti klo udh balik ke MKS saya kasih kabar :D

makasih nih gan sangat membantu :)

Ok gan, sama-sama. Semoga bermanfaat :D

hemm... sebenarnya itu cara yang salah dalam beriklan ya gan... sangat mengganggu kenyamanan user... tu iklan bisa - bisa ga tambah laku tapi tambah dijengkelin banyak orang hehe :) Nice Share gan... Salam Blogger [ www.caraseoblogger.com ]

iya gan, bettersurf ini memang sangat mengganggu, solanya otomatis terinstall pada browser yang jadi korbannya, bisa dibilang ilegal gitu. OK gan terimakasih, salam blogger :D

sepertinya itu virus mas di browser yang di gunakan untuk internetan. Perlu di cek pada adds on nya apakah pernah install sesuatu atau nggak :)

wah kalo soal nginstall adds on sih saya gak pernah mbak, tapi dari pengalaman, bettersurf-nya terinstall otomatis di browser saya, setelah mengunjungi beberapa situs dengan sef-hosting berplatform wordpress.

Thanks infonya sob. sekarang sudah browsing bebas iklan

thank sob infonya sangat membantu sekali,gue udah cari kesana kesini akirnya nemu ini blog

Ok sob sama-sama, senang bisa membantu :D

Informasi yang sangan bermanfaat gan :-bd
Tapi untung saya tidak pernah mengalaminya :D karena anti pakai extensi yang tidak penting

Gan nanya nih..pernah juga pas anda lihat blog anda sendiri tiba2 ada peringatan klo browser kita kena virus dan kemudian diarahkan kesuatu halaman tertentu dan langsung otomatis kita mendownload software mogenie ato apa gt?ato ada yang alamin ga ya kira2:/

hmmm klo yang seperti itu saya belum pernah ngalamin sob, tapi dicoba aja cek extention browsernya, spa tau ada yang mencurigakan langsung di disable aja :D

Itu sebenarnya cuma pop up yang mendatangkan visitor untuk mengekliknya. Jangan percaya deh sebaiknya

Kalo saya ko di semua halaman ya?

coba dicek aja sob extention borwser-nya, klo ada yang aneh-aneh, langsung delete aja :D

terima kasih zob.. sangat membantu artikelnya.. :)

sama-sama sob senang bisa membantu :D

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda