Home » » Memperbaiki Error hCard “author” dan Field “Updated” di Rich Snippets Testing Tools

Memperbaiki Error hCard “author” dan Field “Updated” di Rich Snippets Testing Tools

Written By Heri on Minggu, 08 Desember 2013 | 10.51

Cara Memperbaiki Error hCard “author” dan Field “Updated” di Rich Snippets Testing Tools by Sharehovel

Memperbaiki Error hCard “author” dan Field “Updated” di Rich Snippets Testing Tools - Beberapa waktu lalu ketika saya selesai memasang script author rich snippets Google Plus di blog ini, ( untuk menampilkan foto dan nama pada hasil pencarian di Google) kemudian saya cek di Google webmaster rich snippet testing tools untuk meastikan apakah script author richs snippet Google Plus yang saya pasang sudah benar. Dan alhamdulillah sudah benar.

Tapi ketika saya scroll ke bawah pada halaman rich snippet testing tools tadi, ternyata saya mendapati beberapa error pada bagian Extracted structured data, yaitu Error: Missing required hCard ”author”, dan Error: Missing required field ”update”.

Error: Missing required hCard ”author” dan Error: Missing required field ”update” yang terjadi di rich snippets testing tool

Penyebab terjadinya error tersebut adalah mesin Google yang tidak mendeteksi timestamp (jam dan tanggal ) serta  author (penulis) pada artikel atau postingan  yang anda publish pada blog anda.

Nah jika anda juga mengalami hal serupa, berikut saya akan bagikan tips Cara Memperbaiki/Mengatasi Error hCard “author” dan Field “Updated” di Rich Snippets Testing Tools tersebut.

1. Login ke akun Blog anda

2. Masuk ke menu Template > Edit Html

3. Cari kode  <b:if cond='data:post.hasJumpLink'> (Gunakan Ctrl+f untuk memudahkan pencarian)

4. Copy (salin) semua kode di bawah ini:

<div class='tagblog'><div class='vcard' id='hcard- Nama Anda'><span class='fn n'><span class='given-name'>Nama Anda -</span></span></div><a class='updated' href='http://ALAMAT-BLOG-ANDA.blogspot.com/' rel='bookmark'>Title Blog Anda</a>Updated at : <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></div>

Catatan : Ganti tulisan yang berwarna merah pada kode diatas dengan nama anda, untuk tulisan yang berwarna biru ganti dengan alamat blog anda, dan tulisan yang berwarna hijau ganti dengan title blog anda.

5. Dan letakkan (Paste) tepat di atas kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'> tadi

6. Save Template anda.

Sekarang coba anda cek kembali blog anda di rich snippet testing tools, InshaAllah Error: Missing required hCard ”author” dan  Error: Missing required field ”update” sudah tidak anda temukan lagi.

Tapi tunggu dulu!, coba buka halaman blog anda dan lihat, apakah ada sesuatu yang ganjal pada tampilan blog anda setelah memasang kode di atas? Jika “iya” , anda dapat mengatasinya dengan menyalin (Copy) kode di bawah ini dan letakkan tepat di atas kode ]]></b:skin> Pada edit html di template blog anda.

.tagblog{display:none}

Baiklah, sekian postingan saya kali ini mengenai Cara Memperbaiki Error hCard “author” dan Field “Updated” di Rich Snippets Testing Tools, semoga bisa bermanfaat bagi anda, terimakasih.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 10.51

14 comments

sama-sama sob, semoga membantu :D

sangat bermanfaat, dan akhirnya problem ilang...thanks gan jazakumullah

Sangat bermanfaat. Trima ksh atas infonya gan.... :)

Sangat bermanfaat Gan, Thanks banget...

iya sama-sama gan dan terimakasih kembali sudah berkunjung :D

makasih bnget gan.. skrang jadi ijo ga merah lg hehe :-bd

Ok sip sama-sama gan :D

Makasih bro pencerahannya :-bd

Ok sip sama-sama bro :D

sudah menerapkan tips ini tapi masih ada saja yang hilang author dan update, jadi pusing nih

wah iya mba', kebetulan untuk saat ini rich snipet author sudah tidak tampil lagi di search engine google

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda