Home » » Mengenal Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger

Mengenal Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger

Written By Heri on Sabtu, 14 Desember 2013 | 09.37

Mengenal Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger

Mengenal Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger - Siapa yang tidak kenal dengan Blooger.com, ya Blogger.com atau Blogspot merupakan salah satu platform atau layanan untuk membuat sebuah blog yang paling populer dan paling banyak digunakan. Jika anda seorang blogger pasti sudah tak asing lagi kan mendengar salah satu platform blog ini, salah satu layanan yang di berikan oleh blogspot adalah anda bisa membuat blog secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Jika anda salah seorang blogger yang menggunakan layanan dari blogspot ini, pernahkah anda berpikir atau bertanya-tanya, apakah ada batasan-batasan dalam sebuah akun blog yang diberikan oleh platform blog ini ? jawabannya, ya! tentu ada. Perusahaan-perusahaan jasa manapun di dunia ini yang memberikan layanan baik secara gratis ataupun berbayar pasti mempunyai suatu ketetuan, syarat dan batasan-batasan kepada konsumennya, termasuk layanan yang diberikan oleh  platform Blogspot ini juga memiliki batasan-batasan, ya walaupun batasan-batasan tersebut tidak membuat para konsumennya resah atau terbebani. Meskipun begitu, anda sebagai konsumen atau pemakai layanan dari blogspot ini harus bahkan mungkin wajib untuk mengetahui batasan-batasan dalam satu akun blog, agar anda bisa lebih baik dalam mengelolah management blog anda melalui fitur-fitur yang disediakan oleh platform blogspot ini.

Lalu, apa saja batasan-batasan dalam akun blogger yang di sediakan oleh platform blogspot ini.? Mungkin sebagian dari ada sudah tahu batasan-batasan ini, tapi bagi anda yang belum tahu, nah berikut Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger yang akan dibagikan sharehovel pada postingan kali ini yang telah dirangkum oleh narasi asli dari admin sharehovel.

Mengenal Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger

1. JUMLAH BLOG
Jumah blog dalam satu akun blogger adalah 100 buah, ya anda bisa membuat blog sebanyak 100 buah dalam akun blogger secara gratis yang disediakan oleh Blogspot atau Blogger.com.

2. UKURAN LAMAN
Laman utama atau laman arsip dan liannya pada blog anda di batasi dengan ukuran 1 MB, misalnya pada laman utama atau homepage blog anda yang jika melewati batas ukuran 1 Mb maka akan ada sebuah pesan error "006 Harap Hubungi Dukungan Blogger" jadi saran saya untuk mencegah pesan error ini yaitu jangan terlalu banyak menampilkan jumlah postingan pada laman utama blog anda, selain itu halaman utama blog anda dapat dimuat dengan cepat (fas loading), kecuali jika anda menggunakan template-template yang bergaya magazine seperti blog sharehovel ini.

3. JUMLAH ENTRI / POSTINGAN
Untuk jumlah postingan atau entri pada platform blogspot tidak memberikan batasan kepada konsumennya, jadi artinya anda bisa membuat postingan di blog anda sebanyak mungkin, tapi saran dari saya jangan membuat postingan terlalu banyak dalam waktu sehari, karena postingan anda bisa di anggap spam oleh pihak blogger, dan pihak blogger bisa saja mem-banned akun blog anda.

4. PANJANG & BERAT FILE ENTRI
Tidak ada batasan untuk ukran panjang sebuah postingan, tetapi, jika postingan mencapai uKuran lebih dari 1 MB, kemungkinan postingan tersebut akan terbagi menjadi dua halaman (multiple pages for one post).

5. JUMLAH LABEL per BLOG
Ada bisa membuat label unik hingga 2000 buah untuk masing-masing blog anda.

6. JUMLAH LABEL per Entri
Untuk jumlah pemberian label pada entri  / postingan blog anda dibatasi dengan jumlah 20 buah label pada setiap entri atau postingan di blog anda.

7. JUMLAH KOMENTAR
Tidak ada batasan untuk jumlah komentar pada setiap postingan atau entri yang anda buat, dan untuk entri yang anda arsipkan, lalu anda memilih untuk menyembunyikan komentar pada entri tersebut, komentar yang disembunyikan akan tetap tersimpan di akun blog anda.

7. JUMLAH GAMBAR
Platform blogspot menyediakan kepada konsumennya kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB untuk gambar baik itu dalam sebuah postingan ataupun halaman di blog anda. Gambar-gambar pada blog anda tersebut akan tersimpan di Picasa Web Album.

8. UKURAN DIMENSI GAMBAR
Lebar ukuran gambar yang anda upload untuk sebuah postingan di blog anda adalah sebesar 1600px (pixel) , jika ukuran dimensi gambar yang anda upload melebihi 1600px akan tetap ter-upload namun gambar tersebut akan di-rezise otomatis menjadi 1600px.

9. UKURAN FILE GAMBAR
Jika anda meng-upload gambar melalui post editor maka batas maksimal dari ukuran file gambar tersebut adalah 8 MB, sedangkan jika melalu perangkat mobile ukuran file gambar tersebut maksimal 250 Kb.

10. JUMLAH PENULIS/ADMIN
Anda bisa menambahkan beberapa penulis atau admin di blog anda yang dibatasi dengan jumlah 100 admin untuk setiap blog anda.

11. PANJANG URAIAN / DESKRIPSI BLOG
Anda dibatasi untuk menulis uraian atau deskripsi blog anda dengan jumah maksimal 500 karakter.

12. PANJANG INFORMASI "TENTANG SAYA" / ABOUT ME
Untuk menuliskan informasi tentang diri anda, platform blogspot membatasinya dengan jumlah maksimal 1.200 karakter.

13. PANJANG INFORMASI "FAVORIT dan MINAT"
Maksimal 2000 karakter untuk setiap bidang yang disediakan untuk menulis informasi Favorit dan Minat anda.


Itulah beberapa batasan-batasan pada setiap akun blog yang disediakan oleh platform blogspot, mudah-mudahan dengan mengetahui batasan-batasan tersebut anda bisa lebih bijak dalam mengambil langkah untuk menggunkan fitur-fitur dalam layanan blogger atau blogspot, agar perjalanan blogging anda bisa lancar dan aman. Dan saya rasa batasan-batasan di atas tetap membuat kita merasa nyaman menggunakan layanan blogspot dan tidak membuat kita merasa terbebani.

Baikah, berakhir sudah postingan kali ini mengenai Mengenal Batasan-Batasan Dalam Akun Blogger, semoga bisa bermanfaat dan menambah pegetahuan anda. Terimakasih atas kunjungan anda. Wassalam
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 09.37

13 comments

baru tahu kawan... artikel nya sangat bermanfaat

iya gan, semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung :D

nice post. manfaat banget ^^

iya gan, makasih gan sdh berkunjung.

wah saya jadi tau batasan2 bloger..

biar ga ke baned :)

Hehe semoga bermanfaat ya :D

baru tau saya mas, terus itu pada gambar, saya kan sering upload photo keblog .. jadi nasibnya gimana kalo udah melebihi 1 gb apakah saya masih bisa upload atau gimana mas?

Sudah lumayan lama ngeblog tapi tidak tahu informasi semacam ini, hehe

mas kalo jumlahnya postingan perhari berapa maksimal?

setahu saya maksimal 2 artikel perhari, klo lebih entar bisa dianggap spam sama om google :D

Blog ini sangat bermanfaat bagi saya pemula di blog. Terimakasih banyak atas info nya...

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda