Home » » Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog

Written By Heri on Rabu, 18 Desember 2013 | 16.19

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog - Dari sekian banyak jenis-jenis Rich Snippet ( Baca: Pengertian Rich Snippet dan Jenis-jenisnya ), Author Rich Snippet yang paling banyak digunakan oleh blogger-blogger. Lalu, apa itu Author Rich Snippet Author Rich Snippet adalah sekumpulan data berupa foto, nama pemilik blog, dan bisa juga jumlah followers atau lingkarang g+ sebuah blog yang ditampilkan pada search enginge (mesin pencari). Nah contoh, perhatikan gambar di bawah

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

Pada gambar diatas (perhatikan yang ditandai dengan kotak merah) terdapat foto, nama, dan jumah lingkaran Google+ dari admin blog sharehovel ini, pada hasil pencarian di search enginge Google. Mengapa bisa seperti itu? yah, itulah yang disebut Author Rich Snippet, selain itu, dengan memasang script Author Rich Snippet di blog berfungsi untuk meng-klaim kepemilikan blog anda dengan google+ secara sah. Google+ adalah jejaring sosial milik Google, maka dengan meng-klaim kepemilikan blog, tentunya akan menambah keprcayaan Google terhadap blog anda.

Jika anda tertarik untuk memasang dan membuat Author Rich Snippet pada blog anda, maka berikut sharehovel akan berbagi mengenai CaraMembuat Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog.

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog

STEP 1
Login ke akun blog anda, kemudian masuk ke menu Template > Edit HTML

STEP 2
Kemudian carilah kode <Head> ( Gunakan Ctrl+f  untuk memudahkan pencarian )

STEP 3
Kemudian Copy kode dibawah ini, dan letakkan ( Paste ) tepat dibawah kode <Head> tadi.

<link href='https://plus.google.com/116574253515367930225/posts' rel='publisher'/>
<link href='https://plus.google.com/116574253515367930225/about' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/116574253515367930225' rel='me'/>

Catatan !
Ganti kode yang ditandai dengan warne merah dengan angka unik url / link Google+ anda. Untuk mengetahui angka unik url / link Google+ anda, silahkan buka profil Google+ anda dan perhatikan angka uik url Google+ anda pada adress bar di browser yang anda gunakan. Perhatikan gambar di bawah:

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

STEP 4
Jika sudah selesai, silahkan anda klik tombol Save

STEP 5
Kemudian masuk ke pengaturan akun Google anda, silahkan buka https://www.google.com/settings/account

STEP 6
Setelah itu, silahkan pilih dan klik menu Profile and Privacy (Profil dan Privasi), selanjutnya perhatikan pada bagian Publik Prifile Information, silahkan klik tombol Edit Visibility On Profile ( Edit Keterlihatan Profil ). Perhatikan gambar di bawah:

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

STEP 7
Kemudian anda akan dibawa secara otomatis ke halaman pengaturan profil dan privasi Google+ anda, selanjutnya klik menu Links ( menu dengan icon rantai ). Perhatikan gambar di bawah:

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

STEP 8
Pada bagian Contributor to ( Kontributor di ), silahkan klik Add Costum Link ( Tambahkan Tautan Khusus ), kemudian isikan dengan nama blog dan url blog anda. Perhatikan gambar di bawah:

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

STEP 9
Selanjutnya kita akan melakukan verivikasi data kepengarangan atau meng-klaim kepemilikan blog, baiklah silahkan menuju ke https://plus.google.com/authorship, kemudian isikan alamt email anda ( email yang anda gunakan untuk akun blog ).Setelah itu klik Sign up for authorship ( daftarkan kepengarangan). Perhatikan gambar di bawah:

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

Setelah itu anda akan menerima link verifikasi di inbox email yang anda daftarkan tadi, silahkan klik link verifikasi tersebut dan selesai.

Nah sekarang Author Rich Snippet Google Plus anda telah selesai dibuat, sekarang tinggal menge-cek apakah Rich Author Snippet sudah terpasang di blog ada dengan benar. Untuk mengeceknya siahkan buka link http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets, Selanjutnya masukan url / lnik dari salah satu postingan pada blog anda dan klik Previwe ( Pratinjau ), nah jika semua langkah-langkah di atas sudah anda lakukan dengan benar, maka hasilya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog by sharehovel

Dan proses pembuatan Author Rich Snippet Google Plus pun telah selesai, silahkan anda menunggu hingga robot dari search enginge Google mengindeks Author Rich Snippet blog anda.

OK, itulah tadi Cara Memasang Author Rich Snippet Google Plus Di Blog, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika ada kritik, saran, atau mungkin ada yang kurang dimengerti pada postingan ini silahkan tinggalkan komentar pada tempat yang telah disediakan di bawah. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 16.19

28 comments

masih kok gan, masih bisa. sya bru pasang sebulan lalu

mau coba dlu gan.. moga masih bisa

hehe silahkan gan, masih bisa kok gan :D

makasih infonya abi hehe :*

boleh dicoba nih.
trima kasih tutorialnya gan

There's something wrong with the link you clicked to verify your email address. Try pasting the entire link into your browser.

kenapa saat vertifikasi selalu gagal,mohon pencerahan,nya...

Biasanya itu kesalahan dari sistem email mas, coba link nya dicopy paste pada adress bar browser mas, kalo masih gagal juga mungkin link nya udah kadaluarsa, coba tunggu 48 jam, dan ulangi vertifikasi lagi, dan kalau masih gagal juga silahkan contact langsung pihak google.

penjelasannya silahkan baca di halaman resmi google mas
https://support.google.com/accounts/answer/32042?hl=en

iya Sama-sama mas :D, silahkan di coba.

yang gak bisanya yang mana mas Prisma?

Yang foto admin,
Kok sekarang pakai moderasi gan ?

kalau untuk sekarang ini memang banyak blogger yang kehilangan foto author di SE, termasuk saya. dan penyebabyna jga elum diketahui. hmm saya pasang moderasi biar gak bingung balas comment-nya mas.

mantap gan tutorialnya :-)
punyaku sekarang udah ada foto gue :-D
hehehehe
ditunggu walking"nya di blogku on3tutorial :-)

gan mohon petuahnya kok ada bacaan
"Nukilan laman akan muncul di sini. Alasan kami tidak dapat menampilkan teks dari laman web Anda adalah karena teks tergantung pada kueri yang diketik oleh pengguna."
gimana cara menggantinya gan.. ataw kalimat diatas otomatis ganti sesuai dri posting kita hehhe masih newbie nehhh.. makasih

oh itu hanya contoh sob. Nah, nanti pas di search engine google, teks-nya akan berubah sesuai dengan keyword (kata kunci) yang relevan atau erkait dengan postingan anda, yang diketikkan oleh pengguna pada tab pencarian google. Semoga membantu sob :D

masih bingung.... nanti deh dicoba.......

"Ada yang salah dengan tautan yang Anda klik untuk memverifikasi alamat email. Coba tempelkan seluruh tautan ke browser Anda."

kenapa setelah saya klik verivikasy di email gagal terus om, dan muncul pesan begini, mohon penceerahannya.

www.sii-nop.blogspot.com

Sangat bermanfaat
dalam 15 menit langsung berhasil
terimakasih banyak yaa.. :-d

terimakasih kang sangat membantu postingannya rel?????ajiiebbb dahhh sukses selalu kang???

Langkah2 diatas udah selesai semua dan hasilnya kayak gini:
Tautan profil Google+: https://plus.google.com/111471286926398985761
Nama profil Google+: faqih nuzli
Penyiapan kepengarangan Anda telah selesai. Selamat! Namun, perhatikan bahwa Google hanya akan menampilkan potret Anda sebagai pengarang di hasil penelusuran saat kami menganggapnya akan bermanfaat bagi pengguna. Pelajari lebih lanjut

tapi Gan, di pertinjauan fotonya kok engga munculya ???

amin :D sama-sama dan terimakasih kembali :D

iya sob, emang sekarang ini ada beberapa blogger yang avatarnya kadang muncul kadang tidak, termasuk saya sob.

30 menit mencoba nggak dapat apa-apa gan, saya bingung & nggak ngerti.
apa salah & dosaku :D

hehe iye karena memang untuk sementara ini tidak bisami google rich snippet ces :D

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda