Home » » Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog

Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog

Written By Heri on Selasa, 05 November 2013 | 04.52

Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog by sharehovel

Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog - Meta Description dan Meta Keyword adalah salah satu hal yang penting bagi blog kita dalam upaya untuk meningkatkan pengoptimalan search enginge (mesin pencari) atau SEO blog anda, seperti search enginge terbesar dan yang paling populer milik Google.

Fungsi dari Meta Description adalah untuk menjelaskan secara singkat dan relavan kepada pengunjung atau search enginge mengenai jenis isi atau konten yang anda bagikan atau yang anda tulis di blog anda, misalnya blog anda berisi tentang internet, software, musik, curhatan, puisi, ilmu pendidikan cerita lucu, dan lain-lain. Meta Keyword berfungsi untuk memudahkan mesin pencari dalam mengenali isi dan kata kunci tentang isi dan konten yang ada dalam blog anda,.

Contohnya salah satu deskripsi blog yang saya bangun yaitu sharehovel ini dan sudah saya cek di PC saya dan beberapa PC teman saya ,yang alhamdulillah sudah terindex oleh mesin pencari google, dan alhamdulillah lagi beberapa artikel sharehovel ada yang masuk di halaman pertama mesin pencari google dan bahkan ada juga yang di urutan pertama, Karena memang pertama kali membuat blog ini saya tidak langsung membuat postingan, tapi saya optimasi dulu SEO-nya,  yah meskipun pengunjung masih sepi karena usia blog ini masih muda, kira-kira baru satu bulan lebih dan artikelnya juga masih sedikit, kurang lebih sekitar 20-an artikel.

Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog by sharehovel

Dan saya selaku admin dari blog sharehovel akan berbagi tentang Cara Mudah Memasang Meta Description dan Meta Keyword pada Blog, yang telah dirangkum oleh narasi asli dari saya selaku admin sharehovel untuk anda yang berminat membuat atau memasang Meta Tag dan Meta Description.

Cara Mudah Memasang Meta Description dan Meta Keyword pada Blog

STEP 1
Login ke akun blog anda, setelah itu masuk ke menu Template > Edit HTML

STEP 2
Kemudian cari kode <b:skin><![CDATA[/* (Gunakan Ctrl+f untuk memudahkan pencarian)

STEP 3
kemudian Copy kode di bawah ini, dan letakkan (Paste) tepat di atas <b:skin><![CDATA[/*

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Tulis Deskripsi Anda  disini" />
<meta name="keywords" content="Tulis Keyword atau Kata Kunci Anda disini" />
</b:if>

Catatan !
  1. Kode yang di tandai dengan warna merah di atas, silahkan ganti dengan deskripsi blog anda, misalnya, "Blog ini Berbagi tentang cerita sehari-hari, curhat, puisi, cepen dan berbagai hal unik"

  2. Kode yang ditandai dengan warna biru di atas, silahkan ganti dengan keyword atau kata kunci blog anda, misalnya, "Cerita sehari-hari, puisi, puisi cinta, cerpen, artikel unik, fenomena aneh"

  3. Ingat, untuk Descripion/Deskripsi maksimal 150 Karakter, dan untuk Keyword maksimal 15 keyword. Masukanlah keyword dan deskripsi yang memang benar-benar relavan dengan isi dan konten yang terdapat dalam blog anda.
STEP 4
Selanjutnya silahkan anda Save.

Dan untuk melihat hasilnya anda bisa mengeceknya di salah satu situs yang memeliki layanan SEO Cheker Tools yaitu Chkme.com. Caranya untuk mengeceknya adalah silahkan buka Chkme.com kemudian masukan alamat blog atau website anda tanpa "http://" pada kotak cheker, contohnya Sharehovel.blogspot.com, kemudian klik tombol Check. Setelah itu carilah bagian website description dan website keywords, disitu akan muncul deskripsi dan keywords yang sudah anda buat. Perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog by sharehovel



Dan itulah tadi Cara Mudah Memasang Meta Description Dan Meta Keyword Pada Blog semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika ada kritik, saran, atau mungkin ada yang kurang dimengerti pada postingan ini silahkan tinggalkan komentar pada tempat yang telah disediakan di bawah. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam.
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 04.52

10 comments

Thank you, udah gue coba. Berhasil

iya mas sama-sama :D , terimakasih sudah mau berkunjung :D

meta deskripsi ini memang snagat penting untuk blog. Jadi sebaiknya blog kita di kasih meta deskripsi dan keyword ya mas untuk membantu search engine dalam menelusuri blog kita. Tapi agak rumit juga kalau kita tidak bisa melakukan edit-edit pada template. Jadi harus belajar ekstra ya mas. Thanks atas share nya ya :)

Wah mbak Ririn ini bisa aja nih, yang lebih jago kan mbak. Seneng lihat mbak Ririn yang masih bersemangat ngeblog :D

Saya jga sih masih dalam tahap belajar kq mbak, nah apa yang berhasil saya praktekan dari hasil belajar, saya share. intinya saya belajar dulu, klo dah berhasil baru saya share.

iya mbak yang saya tahu, ini juga agar blog lebih dikenal oleh search engine, karena meta description seperti identitas yang menunjukkan tentang apa blog kita. Makasih lho mbak Ririn dah berkunjung kesini. :D

Makasih infonya gannnn. sangat bagus dan berguna bagi blogger pemula. ijin copas ya. msh belajarrrr.nuhun.

klo mau copas, sertakan sumber dalam bentuk link

mas koq di template saya gak ada kode ini <![CDATA[/*

hehe iya, karena semua struktur html pada setiap template berbeda-beda mas. Tapi klo mau pasang kode meta description/keyword diatas bisa juga diletakkan di bawah kode title tag, contoh kode title tag kira-kira umumnya seperti ini:

<title>JUDUL BLOG</title>

jadi, letakkan saja kode diatas dibawah kode title tag, pada template mas Ronny. Contoh, misalnya seperti di blog saya :

<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Gubuk Berbagi</title>
</b:if>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Tulis Deskripsi Anda disini" />
<meta name="keywords" content="Tulis Keyword atau Kata Kunci Anda disini" />
</b:if>

tks infony gan....kunjungi blog gw y....http://grosirspreimurah-fifashop.blogspot.com/

Makasih banyak ya bang...
Saya cobak dulu ah mudah-mudahan berhasil, karrna blog saya isinya juga cerita-cerita bang, tapi judul cerita itu lah saya buat di titlenya, saya sadar rupanya cara kayak gitu salah, harusnyakan kita harus melihat keyword yang sering di pakai orang baru kita modifikasi untuk title kita.
Sekali makasih ya bang, bermanfaat!

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda