Home » » Apa Itu Rich Snippet ?

Apa Itu Rich Snippet ?

Written By Heri on Minggu, 03 November 2013 | 16.01

Apa Itu Rich Snippet by sharehovel

Apa Itu Rich Snippet ? - Sebagai seorang blogger, pernakah anda mendengar tentang Rich Snippet? apa sih pengertian Rich Snippet ? Rich Snippet adalah sekumpulan data suatu blog atau website yang ditampilkan secara menarik pada search enginge (mesin pencari). Sekumpulan data tersebut diantaranya adalah berupa nama penulis, rating, foto, dll.

Baiklah, saya akan memberikan contoh, anda pasti pernah kan mencari sesuatu informasi atau artikel-artikel ternetu pada sebuah search enginge (mesin pencari), khususnya search enginge yang paling populer yaitu search enginge Google. Misalnya, anda mengetikkan di kotak pencarian Google dengan keyword atau kata kunci Grilled Salmon Recipe, kemudian akan muncul beberapa hasil, diantaranya seperti gambar di bawah ini:

rich snippet by sharehovel

Kemudian, dari gambar hasil pencarian di atas, kira-kira yang mana lebih menarik minat anda untuk di kunjungi ? menurut saya, pastilah hasil yang pertama (nomor 1), mengapa ? karena hasil yang pertama menampilkan hasil dengan data yang lengkap, perhatikan gambar nomor 1 yang di tandai dengan kotak merah, diantaranya, foto, rating/peringkat, ulasan, durasi, jumah kalori dan yang terakhir adalah detail tentang   resep pembuatan Grilled Salmon (ikan salmon bakar).

Nah itu adalah salah satu contoh gambaran tentang Rich Snippet, Rich Snippet juga berpengaruh pada SEO. Tetapi ini tidak menjamin sebuah peringkat blog anda di Search Enginge, karena masih banyak  optimasi SEO yang harus anda lakukan selain membuat Rich Snippet, namun dengan membuat Rich Snippet setidaknya bisa meningkatkan jumlah klik menuju blog/website anda karena blog/website anda tampil beda dan dengan data yang lebih detail sehingga tidak menutup kemungkinan pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi blog/website anda.

Rich Snippet juga ada banyak jenisnya, nah diantaranya:

1. Author Snippet

Author Rich Snippet adalah salah satu Rich Snippet yang paling umum digunakan oleh blogger-blogger, Author Rich Snippet meampilkan data berupa, foto author/admin/penulis, nama author, dan jumlah followers.

Author-Rich-Snippet-by_sharehovel

2. Bussines and Organization Snippet

Kalau Rich Snippet yang satu ini fungsinya untuk menampilkan data atau informasi dari sebuah perusahaan / bisnis atau organisai, data yang ditampilkan diantaranya adalah alamat, nomor telepon, map (peta), dll

Businnes-and-organization-snippet_by_sharehovel

3. Even Snippet

untuk Even Snippet fungsinya adalah untuk menampilkan waktu penyeanggaraan tanggal, dan lokasi, sebuah acara atau agenda, misalnya acara konser music sebuah band.

event-snippet-by-sharehovel

4. Product Snippet

Product Snippet berfungsi untuk menampilkan sebuah informasi dari suatu produk, misalnya, harga, ketersediaan stok, juga reveiw/ulasan dari produk tersebut

product-rich-snippets-by-sharehovel

5. Receipe Snippet

Recipe Snippet atau lebih dikenal sebagai snippet resep makanan, fungsinya untuk menampilkan reveiw/ulasan, durasi memasak, resep, jumlah kalori, dan foto masakan.

Receipe-Rich-snippet-by-sharehovel

6. Star Rating Rivew Snippet

Star Rating Review berfungsi untuk menampikan jumlah ulasan/review dan rating/peringkat rivew, untuk peringkat review di tandai dengan simbol bintang yang berjumlah lima. Nah tahu tidak? banyak blogger-blogger yang menyalah gunakan Star Rating Rivew Snippet ini, dengan cara memasang kode tertentu agar setiap postinngannya memiliki rating review dengan bintang lima dan untuk jumlah review-nya sebanya 10000 bahkan ada yang 999999, tentu ini sebuah kecurangan karena rating dan review yang didapatkan bukan berasal dari pembacanya tetapi dengan menyuntikkan kode/script tertentu.

star-rating-rivew-snippets-by-sharehovel

7. Video Snippet

Untuk Video Snippet fungsinya adalah untuk menampilkan thumbnail video

video-snippets-by-sharehovel


original post : kang ismet
Heriyanto .S.M -
Sharehovel Updated at : 16.01

1 comments:

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda